Tuesday, December 18, 2018

Penyebab Anggaran Australia Menggarisbawahi Kekuatan Fiskal, Mendukung Profil Kredit Negara

Ia menambahkan, pemerintah akan melakukan beberapa kebijakan strategis dalam APBN 2019. Beberapa di antaranya, seperti penurunan stunting dengan intervensi gizi di 160 kabupaten/kota.
Kemudian juga akan dicoba pengelolaan khusus dana penanggulangan bencana alam untuk kegiatan tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana alam.

Baca Juga: Angka Romawi

Selain itu, pemerintah juga dikatakannya akan mengalokasikan DAU tambahan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebesar Rp 3 triliun yang ditujukan kepada 8.212 kelurahan.

Artikel Terkait: pengertian anggaran

Sri Mulyani menyoroti tingkat serapan anggaran K/L yang perlu ditingkatkan. Menurut dia, semua fokus belanja dari sisi belanja untuk gaji, belanja barang serta belanja barang, selama ini tidak bisa terserap sampai 100 persen.
"Jadi ini kinerja yang perlu terus ditingkatkan, meskipun dalam tahun-tahun terakhir terjadi perbaikan dalam angka penyerapan," katanya.
Ia kemudian mengharapkan K/L bisa fokus menegakkan prinsip-prinsip tata kelola dan akuntabilitas dalam belanja anggaran. Selain itu, K/L ditekankannya supaya mengalokasikan anggaran belanja dengan efektif dimana anggaran dialokasikan sesuai dengan program prioritas.

No comments:

Post a Comment