Friday, November 22, 2019

Solusi Bangun Rumah dengan Dana Terbatas

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya yang minim, sebaiknya cari tahu dulu kiat hemat bangun rumah dengan dana terbatas.
Membangun rumah secara mandiri memang bukan sebuah hal yang mudah dan murah. Tidak semua orang memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk membeli material bangunan yang harganya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.
Baca Juga: harga besi beton per kg
Untuk itu, Anda harus mencari strategi agar dapat mulai membangun rumah meski dengan menggunakan dana yang terbatas.
Berikut adalah 9 cara hemat yang dapat Anda coba untuk bangun rumah dengan dana terbatas:
Memilih Lahan yang Kecil
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lahan kavling untuk membangun rumah. Anda dapat memilih lahan yang luasnya relatif kecil dan letaknya berada di area perumahan bagian dalam.
Tanah kavling yang seperti ini harganya akan jauh lebih murah. Hal ini akhirnya dapat memangkas budget yang harus Anda keluarkan. Selain itu, biaya pajak yang harus dibayar nantinya juga tidak akan terlalu besar.
Perhatikan juga sebelum bangun rumah dengan dana terbatas, saat Anda memilih tanah kavling, Anda harus memperhatikan sejarah dari tanah kavling yang akan dibeli.
Sebisa mungkin hindari tanah kavling yang tadinya digunakan sebagai area pembuangan sampah ataupun tanah bekas pemakaman.
Pilih Desain Rumah Minimalis
Desain rumah adalah satu hal yang penting dalam membangun rumah. Untuk menghemat dana, sebaiknya memilih desain rumah minimalis.
Rumah minimalis memiliki kesederhanaan baik dalam bentuk, fungsi, dan juga dekorasinya sehingga dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan.
Untuk memperoleh desain rumah yang minimalis, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa seorang arsitek. Anda dapat memperoleh desain rumah minimalis secara gratis dengan browing di internet.
Tentukan Bentuk Bangunan
Menentukan bentuk bangunan merupakan salah satu cara hemat bangun rumah dengan dana terbatas. Untuk menghemat anggaran, sebaiknya Anda memilih rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang.
Artikel Terkait: harga kaca per meter
Sebaliknya, hindari pemilihan rumah yang berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Untuk membentuk bangunan yang bersudut atau lengkung biasanya akan menyisakan banyak material bangunan yang tak terpakai sehingga pada akhirnya akan membuat pemborosan di sana-sini.
Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan
Agar anggaran dana untuk bahan bangunan dapat diperkirakan, sebelum bangun rumah dengan dana terbatas, sebaiknya Anda melakukan riset harga bahan bangunan.
Anda dapat menanyakan harga material di toko-toko bangunan. Anda juga dapat membandingkan harga di setiap toko bangunan karena tidak semua toko menjual barang dengan harga yang sama.

No comments:

Post a Comment