Monday, March 18, 2019

Pengertian Integritas Moral Dalam Kehidupan Sosial

Mengapa banyak pejabat publik terjerat korupsi? Jawabnya karena mahalnya ongkos politik. Untuk uang saksi di Tempat Pemungutan Suara(TPS) saja misalnya seorang calon kepada daerah perlu menyiapkan uang lebih dari 10 miliar rupiah. Ini dengan asumsi jumlah TPS 60 ribu, honor setiap saksi di TPS sebut saja Rp200 ribu, maka totalnya sudah Rp12 miliar. Ini baru honor saksi, belum lagi dana kampanye dan lain – lain yang tentu saja masyarakat sudah dapat menerkanya.

Baca Juga: integritas adalah

Yang menjadi persoalan adalah apakah jika ongkos politik, biaya demokrasi ditanggung oleh negara, tak ada lagi kepala daerah, pejabat publik dan politisi yang korupsi? Jawabnya belum menjadi jamiman. Sebab, korupsi tidak hanya terkait dengan penghasilan seseorang. Tidak menjamin orang yang sudah banyak uang, banyak penghasilan karena jabatan, tidak bersikap korup.

Artikel Terkait: ekuitas adalah

Benteng utama mencegah pribadi tidak korup bukan karena telah melimpahnya harta benda, tetapi integritas moralnya.
Jika pejabat berarti pejabat yang berintegritas, amanah, mengutamakan kepentingan rakyat, bukan kepentingan pribadi dan kelompoknya. Kalau politisi, politisi bertanggunggungjawab, menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan rakyat, bukan mengutamakan pengurus partainya.
Diperlukan kejujuran, memegang teguh prinsip kebenaran, memiliki etika dan moral. Perbuatan sesuai perkataan. Itulah beberapa perwujudan integritas moral.

No comments:

Post a Comment