Tuesday, January 8, 2019

Alasan Pentingnya Belajar Mengenal Kata Bahasa Arab

Jika ada pertanyaan, manakah yang paling utama belajar bahasa Inggris atau bahasa Arab, karena itu jawabannya dapat tidak sama.


Akan tetapi, buat seseorang Muslim, belajar bahasa Arab satu kewajiban. Kenapa? Salah satunya faktanya, lantaran kitab suci Alquran serta Sunnah sebagai prinsip hidup, gunakan bahasa Arab.

Imam Syafi’i berkata, " Manusia tidak jadi bodoh serta tetap berselisih mengetahui terkecuali berkat mereka tinggalkan bahasa Arab, serta lebih memprioritaskan rencana Aristoteles. " (Siyaru A’lamin Nubala : 10/74)

Baca Juga: kelompok sosial

Nah, dibawah ini di uraikan sejumlah keutamaan mendalami bahasa Arab :

1. Bahasa Alquran

Kelebihan bahasa Arab di sebutkan dalam Alquran lebih dari sepuluh tempat, salah satunya pada ayat, " Kenyataannya udah Kami buatkan buat manusia dalam Alquran ini tiap-tiap ragam perumpamaan biar mereka bisa pelajaran. (Yakni) Alquran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) biar mereka bertakwa. ” (QS.  Az-Zumar : 27-28)

Artikel Terkait: pengertian konstitusi

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, " Bahasa Arab ialah syi’ar Islam serta syi’ar para muslimin. ” (Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim)

2. Lebih Gampang Belajar Alquran

Dengan mendalami bahasa Arab lebih gampang dalam menghafalkan, mendalami, mengajari serta mengamalkan isi Alquran. Dengan modal bahasa Arab dapat gampang juga dalam mendalami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, memaparkan dan mengamalkannya.

3. Gampang Mendalami Islam

Orang yang mengetahui bahasa Arab, terlebih mengetahui kaedah-kaedah dalam pengetahuan nahwu dapat bertambah gampang mendalami Islam dibanding yang tidak mempelajarinya sekalipun. Ditambah lagi bila pekerjaan seorang menjadi penyampai dakwah, jadi seseorang dai, kiai atau ustaz, semestinya lebih mendesak kembali mempelajarinya supaya gampang memberikannya wawasan agama yang benar pada seorang banyak.

No comments:

Post a Comment