Sunday, December 9, 2018

Alasan Indonesia Butuh Negosiator Andal untuk Perang Dagang

Risiko lain yang tidak kalah penting dan menjadi perhatian IMF dalam forum G20 adalah meningkatnya tingkat utang global hingga mencapai 182 triliun dolar AS di berbagai negara berkembang dan negara dengan penghasilan menengah ke bawah.

Baca Juga: Globalisasi

Untuk itu, IMF menyarankan adanya bantalan maupun kebijakan fiskal serta tindakan guna meningkatkan transparansi terhadap utang, terutama terkait nilai dan jangka waktu pinjaman, sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan pengelolaan utang.

Baca Juga: ekonomi

Secara keseluruhan, Lagarde menyampaikan rekomendasi kebijakan bagi G20 untuk mengatasi berbagai tantangan global tersebut yaitu adanya perbaikan kinerja perdagangan untuk peningkatan pertumbuhan dan penyediaan lapangan kerja.

Artikel Terkait: data

Kemudian, normalisasi kebijakan moneter yang dilakukan berdasarkan komunikasi yang baik, gradual dan berbasis data sebagai antisipasi dari dampak lanjutan serta membuat kebijakan mikro dan makroprudensial untuk mengatasi risiko krisis serta problem pembiayaan berbasis kredit.
Rekomendasi lainnya adalah adanya fleksibilitas dalam kurs mata uang sebagai upaya mitigasi tekanan eksternal, mengurangi tarif bea masuk dan berbagai kebijakan lainnya yang bisa memperlemah kepercayaan pelaku pasar keuangan. "Terakhir, menghilangkan hambatan agar partisipasi perempuan dalam bidang ekonomi makin besar.
Ini merupakan kunci untuk mengatasi persoalan kesenjangan yang persisten dan tinggi, dan bisa menjadi sumber pertumbuhan potensial bagi negara G20," kata Lagarde.

No comments:

Post a Comment